Seribu Telur Bertabur di Spensa

Seribu Telur Bertabur di Spensa

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 18 November 2022 sebagai kegiatan habituasi yang ada di SMPN 1 Purwakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 7,8 dan 9 yang berjumlah seribu lebih , mereka ditugaskan membawa sebutir telur rebus dan susu. Mengapa telur yang dipilih menjadi makanan dalam kegiatan ini? Seperti kita ketahui telur merupakan bahan makanan hewani yang mengandung hampir semua zat gizi makro dan mikro. Putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sementara kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral.

Vitamin dalam  telur diantaranya mengandung  vitamin dan nutrisi berbeda. Berikut daftar zat gizi yang terkandung dalam telur

  1. Riboflavin yang juga dikenal sebagai vitamin B2, memiliki banyak manfaat bagi tubuh yakni menunjang pertumbuhan metabolisme, membantu  perkembangan sel darah merah. Tubuh manusia tidak dapat menyimpan riboflavin, oleh sebab itu penting untuk selalu mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin B2. Dengan mengkonsumsi dua butir telur diketahui dapat mencukupi asupan 24 persen kebutuhan vitamin B2 harian.
  2. Vitamin D Vitamin D memiliki sejumlah kegunaan bagi tubuh, seperti: Memiliki peran penting bagi tubuh dalam penyerapan kalsium dan fosfor Penting untuk pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat Berkontribusi pada pemelihataan fungsi otot yang sehat Pemeliharaan sistem kekebalan tubuh Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Faktanya, konsumsi dua butir telur dapat memberikan 82 persen asupan vitamin D harian yang direkomendasikan.
  3. Vitamin E memiliki sifat antioksidan bermanfaat yang berperan dalam menjaga kesehatan. Sehingga telur mungkin bermanfaat untuk: Menjaga kesehatan jantung. Ini merujuk pada hasil penelitian yang menghubungkan vitamin E dengan tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Studi juga menemukan hubungan erat antara vitamin E dengan fungsi kekebalan tubuh, pencegahan kanker tertentu, pengurangan gangguan mata terkait usia, dan memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Konsumsi dua telur sehari diketahui dapat menghasilkan 20 persen kadar kebutuhan vitamin E harian.
  4. Vitamin B12 Vitamin B12 diperlukan juga oleh tubuh, seperti: Sangat penting dalam pembentukan sel darah merah Mengubah makanan menjadi energi Menjaga fungsi kesehatan sistem kekebalan dan saraf Kekurangan vitamin B12 dilaporkan dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pusing, sembelit, dan banyak lagi. Tubuh manusia tidak mampu membuat vitamin B12 sendiri. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Satu porsi makanan yang terdiri dari dua telur diketahui dapat memenuhi 15 persen kebutuhan B12 harian.
  5. Vitamin A Vitamin A di antaranya penting untuk: Menjaga kesehatan kulit Menjagasistem kekebalan tubuh Menjaga kesehatan mata Kekurangan vitamin A dilaporkan dapat menyebabkan rambut rontok, masalah kulit, mata kering dan peningkatan risiko infeksi. Mengonsumsi dua telur setiap hari diketahui dapat menghasilkan 14 persen kebutuhan vitamin A harian.
  6. Zat Besi Zat besi adalah mineral penting yang menghasilkan hemoglobin. Zat gizi ini diketahui memiliki sejumlah manfaat, di antaranya: Membawa oksigen ke jaringan di tubuh Zat besi juga penting dalam membantu otot menyimpan dan menggunakan oksigen Meskipun penting, diperkirakan 1 dari 8 orang Australia mengalami masalah kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi padahal dapat menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke jaringan dan organ tubuh sehingga dapat menimbulkan kelelahan, sakit kepala, insomnia, dan hilangnya nafsu makan. Satu butir telur besar terbukti mengandung 0,9 mg zat besi. Kabanyakan zat itu ditemukan di bagian kuning telur. Satu sajian dua telur dapat menghasilkan 14 persen kebutuhan zat besi harian.
  7. Fosfor Manfaat fosfor, di antaranya: Sangat penting untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi yang sehat, serta membran sel Fosfor juga berkontribusi pada metabolisme energi dan pertumbuhan otot Tingkat fosfor yang rendah dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan atau nyeri tulang. Orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000 mg fosfor per hari. Satu porsi makanan yang terdiri dari dua telur menyediakan 21 persen dari persyaratan asupan zat gizi tersebut.
  8. Folat adalah nutrisi penting bagi semua orang dan khususnya bagi wanita hamil karena memiliki manfaat; Membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru Melindungi terhadap cacat lahir yang serius, seperti spina bifida Pada pria dan wanita, folat berkontribusi untuk pembentukan sel darah merah yang sehat Menjaga sistem kekebalan tubuh Disarankan rata-rata orang dewasa mengonsumsi sekitar 200 μg folat setiap hari (lebih banyak pada kehamilan). Makan dua telur akan menghasilkan 49 persen dari jumlah kebutuhan folat harian.
  9. Yodium Mineral penting ini diperlukan untuk tiroid. Di mana, yodium dibutuhkan, antara lain untuk: Menghasilkan hormon yang mengatur laju metabolisme tubuh Membantu fungsi kognitif dan perkembangan otak Menjaga kulit yang sehat Kekurangan yodium bisa sering terjadi dan menyebabkan sejumlah masalah seperti pembengkakan kelenjar tiroid dan kelelahan. Mengkonsumsi hanya dua telur sehari membantu Anda mencapai 29 persen dari asupan yodium harian yang direkomendasikan.
  10. Selenium Meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan vitamin dan mineral lainnya, selenium juga dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini fungsinya: Menjadi antioksidan penting yang dapat membantu mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel dalam tubuh Mendukung sistem kekebalan tubuh, fungsi kelenjar tiroid, dan pemeliharaan rambut dan kuku yang sehat Telur adalah sumber selenium yang sangat baik, dengan rata-rata penyajian dua telur memenuhi 41 persen dari asupan harian.

Melihat jabaran di atas tentang telur maka pihak skl memilih telur sebagai bahan makanan dalam kegiatan habituasi di SMPN 1 Purwakarta yang sangat dibutuhkan oleh anak seusia anak smp.

Purwakarta 18 November 2022

Penulis Eli Fatimah

Guru Bahasa Indonesia